Your Online Website Info,Tips, Trick and Anything

Saturday 26 December 2015

Destinasi wisata di Ujung Kulon, Pantai Peucang

No comments :

Saat duduk di bangku Sekolah Dasar dulu, kita tahu bahwa Ujung Kulon terkenal dengan keberadaan satwa langka Badak Bercula Satu. Saya pun penasaran dengan destinasi ini, Taman Nasional Ujung Kulon.

Ternyata, taman nasional yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini tak hanya menyimpan kekayaan fauna, tetapi juga keindahan alam berupa hutan lindung, pantai berpasir putih, dan pulau-pulau kecil yang alami.

Salah satu pulau yang paling terkenal dan menjadi destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara di kawasan Ujung Kulon adalah Pulau Peucang. Pulau ini berada di Selat Panaitan, Pandegelang, Provinsi Banten.

Pulau Peucang memiliki karakter pantai yang landai, pasir putih, dan air laut yang masih sangat jernih. Suasana di pulau seluas 450 hektar ini juga relatif sepi sehingga wisatawan bisa menikmati suasana alami di tempat ini.

Meskipun terkesan masih sepi dan alami, namun Pulau Peucang memiliki sejumlah fasilitas pendukung bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti penginapan, pusat informasi, dermaga, dan lain sebagainya.

Nama peucang sendiri berasal dari nama sejenis siput yang banyak ditemukan di pantai pulau ini. Penduduk setempat biasa menyebutnya "mata peucang". Pendapat lain, nama peucang berasal dari bahasa Sunda yang berarti kancil. Satwa ini memang banyak terdapat di pulau Peucang.

Obyek wisata alam yang dapat dinikmati di pulau ini antara lain treking ke Karang Copong, berenang, snorkeling, dan menyelam. Menikmati suasana alam liar di Padang Cidaon dengan menyewa perahu kecil juga menjadi alternatif kegiatan di pulau ini.




Untuk akomodasi dan penginapan, pihak pengelola Pulau Peucang sudah menyiapkan sejumlah penginapan dengan fasilitas AC dan kamar mandi yang harganya berkisar antara Rp 400 sampai Rp 700 ribu per kamar yang bisa ditempati dua orang.

Untuk menuju Pulau Peucang, wisatawan dari Jakarta harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 7-8 jam menuju Kecamatan Sumur yang dilanjutkan dengan kendaraan bermotor dengan kapasitas 10-15 orang.

Tak jauh dari Pulau Peucang terdapat Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum yang juga termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Wisatawan biasanya juga berkunjung ke dua pulau ini selain menikmati Pulau Peucang.

Sekian info destinasi wisata Pulau Peucang, Semoga Bermanfaat :)



No comments :

Post a Comment