Your Online Website Info,Tips, Trick and Anything

Sunday 25 March 2012

Dunia Seputar Ikan Mas Koki

No comments :

 Dunia Seputar Ikan Mas Koki


 Varietas Ikan Mas Koki


Ikan Maskoki terdiri dari ratusan varietas. Semuanya memiliki ciri fisik dan sifatnya sendiri-sendiri. Namun semua varietas ini masih dalam spesies yang sama.

Lama Hidup Ikan Mas Koki

Berbicara tentang dunia seputar ikan mas koki, Ikan Maskoki pada umumnya dapat hidup selama 7-9 tahun. Namun pada beberapa kasus ditemukan ada Ikan Maskoki yang hidup sampai usia 20 tahun. Ikan Maskoki dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama bila mendapat perawatan yang baik.

Mengapa disebut ikan mas koki?

Ikan Maskoki sebenarnya berasal dari ikan emas (crucian carp). Ikan emas dinamakan demikian karena warna tubuhnya yang kemerahan dan berkilau ketika terkena sinar matahari. Karena itulah Ikan Maskoki yang berwarna macam-macam sekarang juga masih diidentikan dengan ikan emas.

Kepala ikan mas koki yang lucu.

Jambul yang terdapat pada Ikan Maskoki adalah properti yang melindungi kepala Maskoki. Ada pendapat yang menyatakan bahwa jambul pada Maskoki merupakan alat pelindung kepala yang terbentuk ketika Maskoki beradaptasi dengan lingkungannya.
Namun seiring dengan perkawinan silang antar varietas Maskoki, alat pelindung kepala ini berubah menjadi semakin bervariasi dan malah menjadi sebuah komponen pemercantik Maskoki; sedangkan fungsi alamiahnya justru sudah ditinggalkan.

Perubahan warna ikan mas koki.

Ikan Maskoki memiliki 3 pigmen warna, yaitu melanophores (pigmen hitam), xanthophores (pigmen kuning), erythrophores (pigmen merah). Pigmen pada Maskoki dapat berubah karena dikondisikan oleh pakan, nutrisi, lingkungan, dan pencahayaan. Perubahan warna ini dinamakan mutasi warna.

Kelamin ikan mas koki & perkawinannya

Ikan Maskoki terdiri dari dua jenis kelamin; jantan dan betina. Pada umumnya, perkawinan yang dilakukan Ikan Maskoki dapat terjadi bila beberapa faktornya terpenuhi. Faktor tersebut adalah kematangan gonad jantan dan betina, lingkungan air yang tenang, tidak ada gangguan di lingkungan, populasi ikan yang tidak terlalu banyak, adanya tumbuhan air, pada saat fajar, pada musim kawin, dan birahi muncul pada induk jantan dan induk betina.
Faktor-faktor ini biasanya sangat sulit terjadi di tempat pemeliharaan kita. Oleh karena itu para peternak biasa mengawinkan Ikan Maskoki dengan sebuah skenario yang tersusun rapi untuk memunculkan faktor-faktor tersebut.
Namun karena hidup ini tidak pasti, maka artinya hidup ini berisi kemungkinan-kemungkinan. Dengan demikian dapat dijawab bahwa Ikan Maskoki bisa saja kawin di tempat pemeliharaan kita apabila faktor-faktor yang mendukungnya timbul.

Penggantian air/sirkulasi air ikan mas koki.

Jika sistem filterasi sudah bekerja dengan optimal, maka air akan tetap bersih dalam waktu yang lama. Air akan tampak kehijau-hijauan, itu tanda bahwa sistem filterasi bekerja dengan baik sehingga menciptakan satu keseimbangan ekosistem di tempat pemeliharaan Ikan Maskoki. Air perlu diganti paling tidak sekali dalam sebulan. Selain itu air perlu dibuang sedikit setiap hari, dan kemudian diisi dengan air yang baru.

Syarat hidup ikan maskoki.

Ikan Maskoki sebaiknya diberi air bersih yang sudah diendapkan minimal 1×24 jam dan diaerasi. Air tanah juga boleh. Yang perlu dihindari adalah air hujan, air yang ditampung oleh wadah berupa logam, air yang tidak steril, air bekas atau air dari tempat ikan lain, dan air bening yang mengandung kaporit, klorin atau zat kimia lainnya.

Pemberian pakan ikan mas koki

Ikan Maskoki yang masih burayak perlu diberi makan 7 kali dalam sehari. Ikan Maskoki yang masih kecil dan dalam masa pertumbuhan perlu diberi makan 4-5 kali dalam sehari. Sedangkan Ikan Maskoki yang sudah dewasa cukup diberi makan 3 kali dalam sehari.

Habitat ikan mas koki

 

Ikan Maskoki adalah ikan yang sangat bersahabat. Ikan lain yang tidak agresif bisa dipelihara bersama dengan ikan lain yang bersifat lembut. Hindarkan ikan agresif dan ikan predator dari Maskoki.

Hoki pada ikan mas koki

Orang Tionghoa percaya bahwa Ikan Maskoki bisa membawa keberuntungan. Kepercayaan ini didasari dari pandangan tentang Fengshui. Fengshui adalah ilmu metafisika Tiongkok klasik, yang menjelaskan bahwa alam sekitar dan makhluk hidup ini bisa saling menyelaraskan diri sehingga dapat mendatangkan kesejahteraan. Fengshui dipandang sebagai takhayul di dunia modern.
Namun ada benang merah yang menghubungkan Fengshui dengan ilmu pengetahuan dan rasionalitas. Misalnya, Fengshui menjelaskan bahwa posisi benda-benda di tempat kita bisa mempengaruhi nasib kita.
Dalam pandangan Fengshui, Ikan Maskoki dan air yang ditempatkan di lokasi tertentu di rumah Anda bisa memberikan efek positif; yang dinamakan sebagai datangnya keberuntungan. Semuanya tergantung kembali kepada anda.
Dalam pandangan logis, hal ini tentunya kurang masuk akal. Namun jika kita melihat contoh bulan purnama yang bisa mempengaruhi tingkat emosional orang, kita mungkin mulai merenung. Bulan purnama terjadi karena posisi Bumi yang hampir segaris berada di antara Matahari dan Bulan.

Kolam ikan mas koki di luar ruangan

Ikan Maskoki sebenarnya memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat selama tidak mengalami stress. Hujan sebenarnya tidak terlalu bermasalah bagi Ikan Maskoki. Namun kadang kala air hujan yang jatuh ke kolam bercampur dengan air yang mengalir dari genting yang kotor.
Air ini tidak baik jika turun ke kolam Ikan Maskoki. Selain itu, air hujan mengandung sifat asam yang dalam jumlah besar bisa menaikkan tingkat pH kolam. Oleh karena itu, jawaban untuk pertanyaan ini adalah relatif bergantung pada kondisi kasus yang terjadi di lapangan.

Ukuran maksimal tubuh ikan mas koki

Ikan Maskoki pada umumnya hanya akan tumbuh sampai ukuran 15-19 cm. Beberapa Ikan Maskoki yang potensial (tategoi) bisa tumbuh hingga mencapai ukuran jumbo (20 cm lebih). Namun ada beberapa Ikan Maskoki yang dapat tumbuh menjadi ukuran raksasa.
Ikan Maskoki terbesar yang pernah mendapat rekor dari Guiness Book of Records pada tahun 2002 adalah Bruce. Bruce adalah seekor Maskoki Oranda merah yang diternakkan di Hong Kong. Bruce memiliki panjang tubuh 14.6” (37,2 cm).
Namun kabarnya, ada Ikan Maskoki yang lebih besar daripada Bruce. Goldie, seekor Ikan Maskoki Comet yang dipelihara oleh Ada Shaw di Folkstone, Inggris, dinyatakan memiliki panjang tubuh 40cm pada tahun 2008. Sementara itu, Takeshima Aquarium membuka Pameran Maskoki Gamagori yang turut dimeriahkan oleh seekor Ikan Maskoki merah raksasa berukuran 42 cm pada periode Maret 2010.

Jumlah kapasitas ikan mas koki

Seekor Ikan Maskoki berukuran sedang (10-13 cm) membutuhkan volume air sekitar 23-25 liter. Sedangkan seekor Ikan Maskoki berukuran besar (15 cm sampai lebih dari 20 cm) setidaknya membutuhkan volume air sekitar 35-40 liter.
Untuk aquarium ukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm, maksimal bisa diisi 11 ekor Maskoki berukuran 12-13 cm. Sedangkan untuk Maskoki berukuran jumbo (lebih dari 20 cm), aquarium berukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm ini maksimal boleh menampung 6 ekor Ikan Maskoki.

Sifat ikan mas koki yang mudah mati (?)

Ikan Maskoki bukanlah ikan yang mudah mati seperti yang digosipkan banyak orang. Bila kita merawat dengan benar, Ikan Maskoki bisa berumur panjang dan awet. Ikan Maskoki yang terkena penyakit masih bisa disembuhkan. Asalkan penyakit ini langsung diobati sebelum menjadi makin ganas.

Jumlah peranakan ikan mas koki sekali menetas

Jumlah burayak yang akan menetas tidak bisa dipastikan, karena bergantung pada beberapa faktor; misalnya kesuburan, lingkungan, dan keakuratan induk jantan mempertemukan sperma dengan sel telur. Biasanya dari pemijahan antara 1 ekor induk betina dan 2 ekor induk jantan, akan didapatkan 800-1.000 burayak yang menetas. Jika dalam masa subur, jumlah burayak yang dapat menetas bisa mencapai angka 2.000 burayak.

Cara Memegang ikan mas koki yang benar

Ikan Maskoki memiliki sirip dan ekor yang lunak. Kita harus mengangkat Ikan Maskoki dengan menopang perutnya, dan tidak ada jari atau posisi tangan kita yang menekuk sirip maupun ekor Ikan Maskoki. Bila sirip atau ekor Ikan Maskoki tertekuk, maka sirip dan ekornya akan patah dan rusak.
Ketika sudah rusak, sirip dan ekornya tidak bisa mengembang dengan sempurna sehingga kecantikannya berkurang jauh. Oleh karena itu, mengangkat Ikan Maskoki dengan tangan sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah terampil.

Faktor harga ikan mas koki

Kualitas Ikan Maskoki adalah aspek terutama yang menjadi dasar seekor Ikan Maskoki untuk dihargai. Kualitas Ikan Maskoki ini ditentukan dari keindahan bentuk tubuh, kerapian sisik, sirip dan ekor yang tumbuh sempurna, warna yang cemerlang, gaya renangnya yang anggun, serta kebugaran dan kesehatannya.

Anatomi perkembangan tubuh ikan mas koki

Ikan Maskoki sekarang bisa disebut sebagai Ikan Maskoki modern. Bentuk Ikan Maskoki sekarang jauh lebih sempurna daripada Ikan Maskoki beberapa dekade yang lalu. Ini disebabkan oleh makin sempurnanya perawatan dan pengembangan Maskoki di zaman ini, terutama oleh para ahli dan orang yang berpengalaman.
Selain itu, dalam dunia seputar ikan mas koki, pakan dan lingkungan hidup juga menjadi beberapa faktor dalam perkembangan Ikan Maskoki. Faktor genetik juga punya peranan yang sangat penting dalam perkembangan ini.




No comments :

Post a Comment